Denpasar–Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2021, Balai Bahasa Provinsi Bali mengadakan acara Gelar Wicara dengan tema Bahasa Bali Aga di antara Bahasa Ibu dan Peluncuran Kamus Daring Bali—Indonesia pada Jumat (19/2).  Rangkaian acara ini dimulai pada pukul 15.00 WITA dan bertempat di Aula Balai Bahasa Provinsi Bali. Peserta yang mengikuti acara ini hadir secara virtual melalui aplikasi zoom dan acara disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Balai Bahasa Provinsi Bali.

Gelar WicaraEmpat orang narasumber, yaitu Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., Juri Hadiah Sastra Rancage, Prof. Dr. Nyoman Darma Putra, M.Litt., Kurator Lontar sekaligus Pendiri Hanacaraka Society, Sugi Lanus, dan Sastrawan Peraih Hadiah Sastra Rancage 2021, Komang Berata hadir mengisi acara ini. Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali, Toha Machsum, dalam laporannya menyampaikan pentingnya acara Gelar Wicara ini dan hal terkait kamus daring yang diluncurkan hari ini. Kamus daring bahasa Bali—Indonesia diluncurkan secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. Acara dilanjutkan dengan penyampaian testimoni pengguna kamus daring Bali—Indonesia yang berasal dari dalam maupun dari luar Pulau Bali. Sesi ini diakhiri dengan penyerahan kamus Bali—Indonesia versi cetak oleh Kepala Badan Bahasa kepada narasumber yang hadir.

Rangkaian kedua dari acara ini berisi pembahasan mengenai Bahasa Bali Aga yang digunakan oleh beberapa kelompok masyarakat di Bali. Sesi ini juga diisi oleh pembacaan puisi oleh salah satu peserta yang dipersembahkan untuk mengenang I Komang Alit Juliartha, seorang penulis muda Sastra Bali yang belum lama ini wafat. Ada pula pembacaan puisi berbahasa Bali Aga oleh salah satu peserta sekaligus penutur asli bahasa Bali Aga. Gelar wicara ini ditutup setelah sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber selesai. Acara peringatan hari Bahasa Ibu Internasional 2021 ini masih dapat disaksikan melalui kanal Youtube Balai Bahasa Bali.

(Ell)