Balai Bahasa Provinsi Bali, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengadakan kegiatan Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui kegiatan Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2021. Sasaran kegiatan ini adalah SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta yang ada di wilayah Provinsi Bali.

Pada hari Jumat, tanggal 11 Juni 2021, Dewan Juri Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Provinsi Bali Tahun 2021 telah memutuskan lima pemenang, yaitu SMKN 1 Denpasar, SMKN 2 Singaraja, SMKN 1 Negara, SMKN 1 Singaraja, dan SMKN 3 Singaraja (pemenang tidak berdasarkan peringkat).

Pada hari Senin, 6 September 2021 hadih Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Provinsi Bali Tahun 2021 diserahkan kepada tiap-tiap pemenang oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali, Toha Machsum, M.Ag. Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang tunai tiang-tiap pemenang Rp3 juta.

Dalam sambutan sebelum penyerahan hadiah Toha Machsum meminta pihak sekolah terus menjaga bahasa negara di ruang publiknya, khususnya di lingkungan lembaga pendidikan. Kepala Balai juga berpesan untuk selalu mengutamakan bahasa negara—bahasa Indonesia, dan melestarikan bahasa daerah—bahasa Bali dan bahasa daerah lainnya, serta menguasai bahasa asing untuk bisa bersaing di tingkat internasional.

Penyerahan Hadiah Wajah Bahasa 2021