No | Aspek | Sangat Memuaskan | Memuaskan | ||
2020 | 2021 | 2020 | 2021 | ||
1 | Prosedur Pelayanan | 68% | 87% | 32% | 13% |
2 | Kedisiplinan Petugas Layanan | 59% | 62% | 41% | 38% |
3 | Tanggng Jawab Petugas Layanan | 57% | 72% | 43% | 28% |
4 | Kemampuan Petugas | 73% | 84% | 27% | 16% |
5 | Kecepatan | 64% | 69% | 36% | 31% |
6 | Kesopanan dan Keramahan Petugas | 68% | 81% | 32% | 19% |
7 | Kerapian | 66% | 75% | 34% | 25% |
8 | Ketepatan Penyelesiaan Layanan | 50% | 56% | 50% | 44% |
9 | Kenyamanan Lingkungan | 70% | 72% | 30% | 28% |
10 | Sarana Prasarana | 64% | 66% | 36% | 34% |
Berdasarkan tabel diatas, dapat diketahui bahwa tingkat kepuasan masyarakat dalam berbagai aspek penilaian mengalami kenaikan. Pada aspek prosedur layanan, persentase responden yang memilih jawaban sangat memuaskan adalah sebanyak 87%, hal ini meningkat 19% dibandikan survei kepuasan masyarakat tahun 2020.
Untuk aspek kedisiplinan petugas layanan, mengalami peningkatan sebanyak 3% dibandikan dengan tahun sebelumnya. Untuk aspek tanggung jawab petugas layanan mengalami peningkatan sebesar 15% dari tahun sebelumnya. Untuk kemampuan petugas dalam melayani mengalami kenaikan sebanyak 11%. Sedangkan untuk kecepatan pelayanan mengalami kenaikan sebesar 5%.
Untuk kesopanan dan keramahan petugas mengalami kenaikan sebsar 13% dari tahun sebelumnya. Untuk kerapian petugas meningkat 9%. Untuk Ketepatan penyelesiaan layanan meningkat 6% dibandikan dengan tahun 2020.
Untuk Kenyamanan lingkungan mengalami peningkatan hanya 2% dan untuk sarana prasarana mengalami pengingkatan yang sama, yaitu 2% dibanding tahun sebelumnya.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan tertinggi terjadi pada aspek prosedur layanan yaitu sebanyak 19% dan aspek lingkungan dan sarana-prasara menyumbang kenaikan terkecil yaitu hanya 2%. Rendahnya tingkat kenaikan untuk sarana prasara dan lingkungan pelayanan disebabkan karena kurang banyaknya peningkatan fasilitas yang dilakukan oleh Balai Bahasa Provinsi Bali
Dengan sekala 1–4, dapat kita lihat pada grafik diatas bahwa pada aspek ketepatan waktu dalam penyelesaian layanan di tahun 2021 mendapat nilai paling rendah dibandingkan dengan aspek-aspek lainnya.
Tindak lanjut
Pada tahun 2020 Balai Bahasa Provins Bali hal yang menjadi sorotan dalam penilaian kepuasan masyarakat adalah tingkat kesopanan dan keramahan para petugas layanan. Pada tahun ini, aspek tersebut dapat diperbaiki sehingga memberikan nilai yang sangat memuaskan terhadap penilai masyarakat. Hal yang perlu ditindak lanjuti dari hasil survei di tahun 2021 adalah pada aspek ketepatan waktu pelayanan. Perlu dilakukan peningkatan kemampuan para pegawai agar kecepatan penyelesaian layanan menjadi semakin tepat waktu.