BALAI BAHASA PROVINSI BALI LAKSANAKAN SOSIALISASI UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI) ADAPTIF MERDEKA DI SMK NEGERI 1 GEROKGAK
BALAI BAHASA PROVINSI BALI LAKSANAKAN SOSIALISASI UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI) ADAPTIF MERDEKA DI SMK NEGERI 1 GEROKGAK

BALAI BAHASA PROVINSI BALI LAKSANAKAN SOSIALISASI UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI) ADAPTIF MERDEKA DI SMK NEGERI 1 GEROKGAK

Singaraja, 3 September 2024 – Balai Bahasa Provinsi Bali melaksanakan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi Guru dan Siswa SMKN 1 Grokgak, Kabupaten Buleleng. SMKN 1 Grokgak adalah salah satu SMK di Provinsi Bali  yang melaksanakan program SMK-PK pada tahun ini. Sosialisasi dan Pengujian UKBI adalah salah satu program yang wajib dilaksanakan oleh SMK-PK.

Balai Bahasa Provinsi Bali mendukung kegiatan tersebut dengan menugasi anggota kelompok kepakaran dan layanan profesional (KKLP) UKBI untuk menjadi narasumber. Sosilisasi dilaksanakan di SMKN 1 Grokgak secara hibrid. Sebanyak 60 orang peserta yang terdiri atas guru dan siswa mengikuti sosilisasi secara luring di ruang pertemuan dan 170 orang siswa lainnya mengikuti kegiatan secara daring dari kelas mereka masing-masing.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala SMKN 1 Grokgak yang didampingi oleh koordinator program SMK-PK. Kepala Sekolah, I Ketut Wijana, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dari Balai Bahasa Provinsi Bali terhadap program SMK-PK yang sedang dilaksanakannya. Selanjutnya, I Gde Wayan Soken Bandana, M.Hum. mewakili Tim UKBI Balai Bahasa Provinsi Bali menyampaikan sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka kepada seluruh peserta. Pada kesempatan itu, narasumber menjelaskan secara rinci ihkwal UKBI mulai dari taap persiapan untuk mengikuti UKBI, tata cara pendaftaran UKBI, petunjuk pengerjaan soal, dan simulasi UKBI. Peserta pun mengikuti kegiatan dengan antusias. Dengan sosilisasi tersebut, guru dan siswa SMKN1 Grokgak diharapkan tidak akan mengalami kendala dalam mengikuti tes UKBI. Sosialisasi tersebut berlangsung selama  tiga jam dan ditutup dengan foto bersama narasumber dan seluruh peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *