Bengkel sastra adalah salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakn oleh Balai Bahasa Provinsi Bali. Pada tahun 2015 ini kegiatan Bengkel Sastra diadakan di SMAN Kuta Selatan yang diikuti oleh siswa-siswi dari SMA/SMK di Badung selatan dan Denpasar. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 16—18 April ini mengundang tiga orang narasumber yang sudah tidak asing lagi bagi para pegiat sastra. Mereka adalah Bapak Warih Wisatsana, Bapak Abu Bakar, dan Bapak I Nyoman Tingkat.

Kegiatan yang diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk saling tukar pengalaman, meningkatkan apresiasi sastra dalam rangka menumbuhkembangkan kecintaan terhadap karya-karya sastra, membangun sinergi dalam upaya pembinaan, dan meningkatkan SDM anak-anak binaan, serta meningkatkan kerja sama antarlembaga, seniman, dan sastrawan, agar hubungan erat tetap terjaga, kesenimanannya, dan ide-ide besar kesastraannya tersalurkan.

Dengan diadakannya Bengkel Sastra ini diharapkan hubungan kemitraan antarlembaga semakin erat, terciptanya SDM yang berwawasan luas, khususnya seni dan sastra bagi siswa-siswi SMA sederajat dalam pembentukan karakter. Diharapkan pula bengkel sastra dapat menjadi model pembinaan terhadap siswa dan teater serta wadah kerja sama antarsekolah, sastrawan, dan praktisi seni untuk meningkatkan apresiasi sastra serta bagi siswa khususnya dan masyarakat pada umumnya

            Ketua panitia kegiatan, Drs. I Made Budiasa, M.Si. mengharapkan semoga kegiatan Bengkel Sastra dapat dijadikan piranti “perekat kemitraan” antarlembaga, para guru, siswa, dan personal serta meningkatkan kecintaan kita terhadap karya sastra.