Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Balai Bahasa Provinsi Bali Tahun 2020
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Balai Bahasa Provinsi Bali Tahun 2020

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Balai Bahasa Provinsi Bali Tahun 2020

Pelaksanaan survei kepuasan masyarakat Balai Bahasa Provinsi Bali Tahun 2020 dilakukan terhadap masyarakat yang datang berkunjung untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Survei kepuasan masyarakat Balai Bahasa Provinsi Bali memperhatikan beberapa aspek, diantaranya:

  1. Prosedur Pelayanan

Pada aspek ini, pengguna layanan akan diberikan pertanyaan mengenai pendapat pengguna layanan terhadap kesesuaian prosedur layanan yang mereka terima. Pengguna layanan akan diberikan beberapa pilihan jawaban diantaranya, sangat baik, baik, cukup, dan kurang baik.

Hasil kuisioner pada Tahun 2020 menunjukan bahwa 68% pengguna layananan menyatakan prosedur layanan di Balai Bahasa Provinsi Bali sangat baik, dan 32% sisanya menjawab baik

2. Kedisiplinan Petugas dalam Memberikan Pelayanan

pad aaspek ini, pengguna layanan akan diberikan pertanyaan mengenai tingkat disiplin petugas dalam melayani kebutuhan mereka. Pengguna layanan akan diberikan beberapa pilihan jawaban diantaranya, sangat disiplin, disiplin, cukup disiplin, dan kurang disiplin.

Hasil kuisioner pada tahun 2020 menunjukan bahwa 59% petugas sangat disiplin dalam melayani permintaan layanan pegawai dan 41% sisanya menjawab disiplin

3. Rasa Tanggung Jawab Petugas

pada aspek ini pengguna layanan akan menilai seberapa bertanggung jawab petugas layanan Balai Bahasa Provinsi Bali dalam memberikan jasanya kepada para pengguna layanan. Pengguna Layanan akan diberikan beberapa pilihan jawaban diantaranya, sangat bertanggng jawab, bertanggung jawab, cukup bertanggung jawab, dan kurang bertanggung jawab.

Pada diagram diatas dapat dilihat bahwa 57& responden merasa petugas pelayanan Balai Bahasa Provinsi Bali sangat bertanggung jawab, dan 43% sisanya memilih bertanggung jawab.

4. Kemampuan Petugas

pada aspek ini pengguna layanan akan menilai kemampuan petugas yang memberikan pelayanan kepada mereka. Pengguna layanan dapat memberikan pilihan jawaban seperti sangat baik, baik, cukup baik, dan kurang baik kepada petugas layanan.

dari grafik diatas dapat dilihat bahwa 73% responden memberikan jawaban sangat baik terhadap kemampuan para petugas layanan, dan hanya 27% saja yang memberikan penilaian baik atas kemampuan pelayanan.

5. Kecepatan Pelayanan

pada aspek ini pengguna layanan akan menilai seberapa cepat para petugas dapat memberikan pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat yang berkunjung. Pengguna layanan dapat memberikan pilihan jawaban seperti sangat cepat, cepat, cukup cepat, dan kurang cepat.

Berdasarkan survei yang telah dilaksanakan sebanyak 64% responden mengatakan bahwa pelayanan para petugas sangat cepat dan hanya 36% sisanya yang menjawab cepat.

6. Kesopanan dan Keramahan Petugas

pada aspek ini para pengguna layanan akan menilai tingkat kesopanan dan keramahan petugas dalam melayani kebutuhan masyarakat. Pengguna layanan dapat memilih untuk memberikan beberapa penilaian seperti diantaranya sangat sopan dan ramah, sopan dan ramah, cukup sopan dan ramah, serta kurang sopan dan ramah.

Pada grafik tersebut dapat dilihat bahwa 68% responden merasa petugas pelayanan Balai Bahasa Provinsi bali sangat sopan dan ramah, sedangkan 30% menjawab sopan, dan ada 2% yang meraya pelayanan Balai Bahasa Provinsi Bali kurang sopan

7. Penampilan Petugas

pad aspek ini pengguna layanan akan memberikan penilaian terhadap penampilan petugas Balai Bahasa Provinsi Bali, apakah sangat rapi, rapi, cukup rapi, atau sangat tidak rapi.

Berdasarkan hasil survei para pengguna layanan merasa 66& petugas layanan Balai Bahasa Provinsi Bali sangat rapi dan hanya 34% yang hanya menjawab rapi

8. Ketepatan Penyelesaian Layanan

pada aspek ini para pengguna layanan akan memberikan pendapat mengenai waktu penyelesaian layanan yang dilakukan oleh petugas dengan jani penyelesaian layanan yang telah disampaikan. Pada aspek ini pengguna layanan dapat memberikan jawaban sangat tepat waktu, tepat waktu, cukup tepat waktu, dan kurang tepat waktu.

dari diagram diatas dapat ditunjukan bahwa 50% responden pada tahun 2020 menjawab bahwa pelayanan di Balai Bahasa Provinsi Bali sangat tepat waktu dan 50% sisanya mengatakan tepat waktu.

9. Kenyamanan Lingkungan

pada aspek ini para pengguna layanan akan memberikan penilaian terhadap lingkungan tempat pengguna layanan mendapatkan pelayanan. Pengguna layanan dapat memberikan penilaian berupan sangat nyaman, nyaman, cukup nyaman, dan kurang nyaman.

Berdasarkan grafik diatas para pengguna layanan sebanyak 70% menjawab sangat nyaman dan hanya 30% pengguna layanan yang menjawab nyaman.

10. Sarana Prasarana

pada aspek ini para pengguna layanan akan menilai sarana prasarana yang ada di Balai Bahasa Provinsi Bali. Para pengguna layanan dapat memberikan jawaban dari sangat baik, baik, cukup baik, dan kurang baik.

Berdasarkan diagram tersebut dapat disampaikan bahwa 64% pengguna layanan menyatakan bahwa sarana prasarana di Balai Bahasa Provinsi Bali itu sangat baik dan hanya 36% sisanya menjawab baik.

Dari hasil survei diatas dapat disimpulkan bahwa Balai Bahasa Provinsi Bali masih harus mengembangkan kembali kesopanan para petugas layanan kepada masyarakat. Selain itu perlu dilakukan perbaikan kembali dalam hal ketepatan pemberian layanan agar bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *