Denpasar–Hari ini (9/2) Dr. Puji Retno Hardiningtyas selaku ketua tim kerja sama Balai Bahasa Provinsi Bali bersama staf Balai Bahasa Provinsi Bali hadir di Green School Bali (GSB) guna memenuhi undangan pihak Yayasan Kul Kul Green School Bali. Tim dari Balai Bahasa Provinsi Bali diterima oleh staf HR Training dan Development GSB. Dalam pertemuan ini dibahas terkait kegiatan fasilitasi BIPA dan kolaborasi kegiatan yang bisa dilaksanakan yang melibatkan Balai Bahasa Provinsi Bali dan Green School Bali.

WhatsApp Image 2022-02-09 at 1.43.01 PMKegiatan fasilitasi yang mungkin akan dilaksanakan adalah pembukaan kelas BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) bagi guru asing dan orang tua asing di GSB dengan fasilitasi dari tim BIPA Balai Bahasa Provinsi Bali. Selain itu keikutsertaan guru GSB dalam kegiatan pelatihan dan lokakarya BIPA yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Bali juga sangat diharapkan.

Kolaborasi kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan melaksanakan pemartabatan bahasa Indonesia di lingkungan GSB. Kegiatan ini bisa dalam bentuk pembinaan penggunaan bahasa pada media luar ruang dan juga memberikan penyuluhan bahasa Indonesia kepada guru dan staf GSB.

Sosialisasi UKBI dan keikutsertaan orang asing atau staf GSB dalam UKBI juga menjadi pembahasan yang kemungkinan besar dapat dilaksanakan. Secara umum GSB dan Balai Bahasa Provinsi Bali optimis kedua lembaga akan dapat melakukan kegiatan bersama yang saling menguntungkan.

(Sut)