Balai Bahasa Provinsi Bali Berikan Layanan Penyediaan Narasumber untuk Lokakarya Penguatan Literasi dan Numerasi di SMKN 2 Sukawati, SMKN 1 Kuta Selatan, SMKN 1 Manggis, dan SMK Restumuning
Balai Bahasa Provinsi Bali Berikan Layanan Penyediaan Narasumber untuk Lokakarya Penguatan Literasi dan Numerasi di SMKN 2 Sukawati, SMKN 1 Kuta Selatan, SMKN 1 Manggis, dan SMK Restumuning

Balai Bahasa Provinsi Bali Berikan Layanan Penyediaan Narasumber untuk Lokakarya Penguatan Literasi dan Numerasi di SMKN 2 Sukawati, SMKN 1 Kuta Selatan, SMKN 1 Manggis, dan SMK Restumuning

Balai Bahasa Provinsi Bali berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Bali melalui gerakan literasi dan numerasi. Pada bulan Mei—Juni 2024, Balai Bahasa Provinsi Bali telah mengirimkan narasumber untuk kegiatan Lokakarya Penguatan Literasi dan Numerasi di SMKN 2 Sukawati, SMKN 1 Kuta Selatan, SMKN 1 Manggis, dan SMK Restumuning.

*SMK Negeri 2 Sukawati*

Pada hari Senin, 3 Juni 2024, Balai Bahasa Provinsi Bali mendapat kesempatan untuk memberikan materi Penguatan Literasi dan Numerasi di SMK Negeri 2 Sukawati, Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang guru dari berbagai mata pelajaran. Wahyu Aji Wibowo, S.S., salah satu tenaga teknis, Widyabasa Ahli Muda, di Balai Bahasa Provinsi Bali, bertugas menyampaikan materi tersebut.

*SMK Negeri 1 Kuta Selatan*

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Staf teknis, Widyabasa Ahli Muda, Wahyu Aji Wibowo, S.S., menjadi narasumber juga dalam kegiatan tersebut. 

Wahyu Aji Wibowo, S.S., membawakan empat materi, yaitu (1) Penyusunan Program Literasi dan Numerasi, (2) Penguatan Literasi Baca Tulis, (3) Penguatan Literasi Numerasi, serta (4) Pembahasan Soal AKM Literasi dan Numerasi. 

Selain di SMK Negeri 2 Sukawati dan SMK Negeri 1 Kuta Selatan, Balai Bahasa Provinsi Bali juga memberikan layanan penyediaan narasumber untuk kegiatan Lokakarya Penguatan Literasi dan Numerasi di SMK Negeri 1 Manggis dan SMK Restumuning. 

*SMK Negeri 1 Manggis*

Kegiatan Lokakarya Penguatan Literasi dan Numerasi juga dilaksanakan di SMK Negeri 1 Manggis, Kabupaten Karangasem, pada tanggal 4–7 Juni 2024. Dibandingkan dengan SMK Negeri 2 Sukawati dan SMK Negeri 1 Kuta Selatan, materi yang disampaikan di SMK Negeri 1 Manggis lebih lengkap. Selain Penguatan Literasi dan Numerasi, Staf Teknis, Widyabasa Ahli Muda, Wahyu Aji Wibowo, S.S., juga memberikan materi tentang Pengenalan Literasi dan Numerasi, Penyusunan Program Literasi Sekolah, serta Praktik Baik Literasi dan Numerasi.

*SMK Restumuning*

Tak ketinggalan, Balai Bahasa Provinsi Bali juga turut berpartisipasi dalam Lokakarya Penguatan Program Literasi dan Numerasi yang dilaksanakan di SMK Restumuning, Kabupaten Tabanan. 

Lokakarya ini menghadirkan narasumber yang sama yaitu, Wahyu Aji Wibowo, S.S., yang merupakan Widyabasa Ahli Muda dari Balai Bahasa Provinsi Bali. Beliau menyampaikan materi dan panduan terkait pengembangan program literasi dan numerasi yang efektif dan berkelanjutan di sekolah. 

Wahyu Aji Wibowo, S.S., memberikan penjelasan mengenai strategi-strategi terbaru dalam pengajaran literasi dan numerasi yang disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan lokal. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di SMK Restumuning, khususnya dalam bidang literasi dan numerasi. 

Dari sini, dapat dilihat bahwa Balai Bahasa Provinsi Bali berkomitmen untuk terus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program-program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Provinsi Bali. 

Kegiatan lokakarya di keempat sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran literasi dan numerasi di kelas. Hal ini pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *