• Beranda
  • Informasi
    • SSD
    • Tugas dan Fungsi Balai Bahasa Provinsi Bali
    • Visi Misi Balai Bahasa Provinsi Bali
    • Kontak Pegawai
    • Agenda Kegiatan 2023
    • Agenda Kegiatan 2022
    • Berita
    • Jurnal
    • Penelitian Bahasa
    • Opini
    • Penelitian Sastra
  • Produk
    • SIBALUKARING (Kamus Daring)
    • SIBASALI
    • SIBASINDO
    • SITARIB (Lontar)
    • SICANDI (Koleksi Cerita)
    • SUBASITA
    • KOLEKSI BUKU CERITA ANAK
      • Cerita Anak Dwibahasa Tahun 2024
      • Cerita Anak Dwibahasa Tahun 2023
    • PARASALI
  • Layanan
    • Permohonan Layanan
    • Standar Layanan
  • Pengaduan
    • WBS
    • SP4N LAPOR
    • Prosedur Pengaduan
  • Kepuasan Masyarakat
    • Standar Layanan Publik 2022
    • Tindak Lanjut SKM
    • Survei Kepuasan Masyarakat
    • Hasil SKM Triwulan I TAHUN 2023
    • Hasil SKM Triwulan II TAHUN 2023
    • Hasil SKM Triwulan III TAHUN 2023
    • Hasil SKM Triwulan IV TAHUN 2023
    • Survei IKM SMT I TAHUN 2024
    • Survei IKM SMT II TAHUN 2024
    • SURVEI IKM 2023
    • SURVEI IKM 2022
    • SURVEI IKM 2021
    • SURVEI IKM 2020
  • POS
    • POS 2023 REVISI
    • POS 2019
  • SAKIP
  • PPID
  • SIPPN
  • LAKIN
    • Laporan Kinerja Tahun 2018
    • Laporan Kinerja Tahun 2019
    • Laporan Kinerja Tahun 2020
    • Laporan Kinerja Tahun 2021
    • Laporan Kinerja Tahun 2022
    • Laporan Kinerja Tahun 2023
    • Laporan Kinerja Tahun 2024
    • Beranda
    • Informasi
      • SSD
      • Tugas dan Fungsi Balai Bahasa Provinsi Bali
      • Visi Misi Balai Bahasa Provinsi Bali
      • Kontak Pegawai
      • Agenda Kegiatan 2023
      • Agenda Kegiatan 2022
      • Berita
      • Jurnal
      • Penelitian Bahasa
      • Opini
      • Penelitian Sastra
    • Produk
      • SIBALUKARING (Kamus Daring)
      • SIBASALI
      • SIBASINDO
      • SITARIB (Lontar)
      • SICANDI (Koleksi Cerita)
      • SUBASITA
      • KOLEKSI BUKU CERITA ANAK
        • Cerita Anak Dwibahasa Tahun 2024
        • Cerita Anak Dwibahasa Tahun 2023
      • PARASALI
    • Layanan
      • Permohonan Layanan
      • Standar Layanan
    • Pengaduan
      • WBS
      • SP4N LAPOR
      • Prosedur Pengaduan
    • Kepuasan Masyarakat
      • Standar Layanan Publik 2022
      • Tindak Lanjut SKM
      • Survei Kepuasan Masyarakat
      • Hasil SKM Triwulan I TAHUN 2023
      • Hasil SKM Triwulan II TAHUN 2023
      • Hasil SKM Triwulan III TAHUN 2023
      • Hasil SKM Triwulan IV TAHUN 2023
      • Survei IKM SMT I TAHUN 2024
      • Survei IKM SMT II TAHUN 2024
      • SURVEI IKM 2023
      • SURVEI IKM 2022
      • SURVEI IKM 2021
      • SURVEI IKM 2020
    • POS
      • POS 2023 REVISI
      • POS 2019
    • SAKIP
    • PPID
    • SIPPN
    • LAKIN
      • Laporan Kinerja Tahun 2018
      • Laporan Kinerja Tahun 2019
      • Laporan Kinerja Tahun 2020
      • Laporan Kinerja Tahun 2021
      • Laporan Kinerja Tahun 2022
      • Laporan Kinerja Tahun 2023
      • Laporan Kinerja Tahun 2024
  • balaibahasa.bali@kemdikbud.go.id
  • +628113882041
  • Jalan Trengguli I No. 34 Tembau Denpasar – 80238
  • 08:00 - 16:00
Balai Bahasa Provinsi Bali
Balai Bahasa Provinsi Bali
  • Beranda
  • Informasi
    • SSD
    • Tugas dan Fungsi Balai Bahasa Provinsi Bali
    • Visi Misi Balai Bahasa Provinsi Bali
    • Kontak Pegawai
    • Agenda Kegiatan 2023
    • Agenda Kegiatan 2022
    • Berita
    • Jurnal
    • Penelitian Bahasa
    • Opini
    • Penelitian Sastra
  • Produk
    • SIBALUKARING (Kamus Daring)
    • SIBASALI
    • SIBASINDO
    • SITARIB (Lontar)
    • SICANDI (Koleksi Cerita)
    • SUBASITA
    • KOLEKSI BUKU CERITA ANAK
      • Cerita Anak Dwibahasa Tahun 2024
      • Cerita Anak Dwibahasa Tahun 2023
    • PARASALI
  • Layanan
    • Permohonan Layanan
    • Standar Layanan
  • Pengaduan
    • WBS
    • SP4N LAPOR
    • Prosedur Pengaduan
  • Kepuasan Masyarakat
    • Standar Layanan Publik 2022
    • Tindak Lanjut SKM
    • Survei Kepuasan Masyarakat
    • Hasil SKM Triwulan I TAHUN 2023
    • Hasil SKM Triwulan II TAHUN 2023
    • Hasil SKM Triwulan III TAHUN 2023
    • Hasil SKM Triwulan IV TAHUN 2023
    • Survei IKM SMT I TAHUN 2024
    • Survei IKM SMT II TAHUN 2024
    • SURVEI IKM 2023
    • SURVEI IKM 2022
    • SURVEI IKM 2021
    • SURVEI IKM 2020
  • POS
    • POS 2023 REVISI
    • POS 2019
  • SAKIP
  • PPID
  • SIPPN
  • LAKIN
    • Laporan Kinerja Tahun 2018
    • Laporan Kinerja Tahun 2019
    • Laporan Kinerja Tahun 2020
    • Laporan Kinerja Tahun 2021
    • Laporan Kinerja Tahun 2022
    • Laporan Kinerja Tahun 2023
    • Laporan Kinerja Tahun 2024

Festival Handai Indonesia 2024: 43 Negara Berpartisipasi dalam Lomba Berbahasa Indonesia

  • August 30, 2024
  • Balai Bahasa Provinsi Bali
  • Berita
  • 0

Bali, 30 Agustus 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) terus berkomitmen dalam upaya internasionalisasi bahasa Indonesia melalui berbagai program strategis, salah satunya adalah Festival Handai Indonesia (FHI). FHI menjadi wadah bagi warga negara asing untuk mengasah kemahiran dan kreativitas mereka dalam menggunakan bahasa Indonesia. Puncak FHI 2024 yang berlangsung meriah pada Jumat (30/8) di Bali, menandai langkah penting penguatan bahasa Indonesia di masyarakat global.

“Sebagaimana tema FHI 2024 yaitu Rayakan Persahabatan, bagi kami, handai Indonesia adalah para sahabat Indonesia yang dipertemukan untuk merayakan jalinan persahabatan dan diharapkan dapat menjadi agen pengukuh dan penguat kemitraan Indonesia dengan negara asal mereka,” ungkap Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Aminudin juga menyoroti tren positif yang terjadi di luar negeri terkait meningkatnya minat warga negara asing untuk mempelajari bahasa Indonesia pasca penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kesepuluh dalam Sidang Umum UNESCO. “Secara rutin kami menerima permohonan dari negara mitra yang menginginkan adanya program BIPA di negara mereka,” kata Aminudin.

Tercatat saat ini ada 56 negara yang memiliki program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan lebih dari 183 ribu pemelajar aktif. Tak hanya kemampuan berbahasa, FHI juga menjadi momentum untuk mengapresiasi para handai yang memiliki minat untuk memahami peradaban, masyarakat, dan kebudayaan Indonesia lewat aktivitas kompetitif ini.

Lebih lanjut, Aminudin menyampaikan, “Dalam rangkaian FHI 2024 ini, kita menyaksikan kesungguhan yang ditunjukkan oleh para handai terhadap bahasa dan budaya Indonesia. Terlebih pada tahun ini, peraih penghargaan terbaik tidak didominasi oleh negara tertentu, namun tersebar di berbagai negara berbeda.”

Dalam laporannya, Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Iwa Lukmana, menyebut bahwa peserta yang mengikuti ajang FHI 2024 ini berjumlah 102 orang dari 43 negara. Tingginya jumlah peserta ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, di antaranya Direktorat Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri; Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, termasuk para Atase Pendidikan dan Kebudayaan; Lembaga Penyelenggara Program BIPA; Duta Bahasa; dan pihak-pihak lain yang telah menggaungkan kegiatan ini di seluruh dunia melalui media sosialnya.

Peserta yang dapat mengikuti FHI 2024 harus memenuhi sejumlah kriteria, yaitu (1) warga negara asing, (2) mampu berbahasa Indonesia, (3) mencapai batas usia dewasa pada Januari 2024 sesuai dengan ketentuan negara masing-masing, (4) memiliki alamat e-mail aktif, (5) belum pernah menjadi peserta terbaik I—III dan/atau menjadi peraih penghargaan Kategori A pada FHI sebelumnya, dan (6) bersedia datang ke Bali, Indonesia untuk mengikuti babak final apabila terpilih sebagai finalis.

FHI tahun ini diselenggarakan dengan sistem baru, yaitu secara berjenjang melalui babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan melalui pengiriman karya secara daring, sedangkan babak final dilakukan secara luring. Terdapat tujuh kategori lomba yang diselenggarakan, yaitu berpidato, bercerita, berpuisi, bernyanyi, berpantun, membawakan reportase, dan bersurat.

Deonizio Mazarello Viana Soares, peraih penghargaan peserta terbaik II kategori bernyanyi asal Timor-Leste, mengatakan bahwa ia mengikuti ajang FHI 2024 ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dan kemampuan bernyanyinya. “Setelah ini, saya ingin lebih mengenalkan bahasa Indonesia lewat nyanyian saya, karena bahasa Indonesia di Timor-Leste juga cukup banyak digunakan,” ujar Deonizio.

Di sisi lain, Haruka Aoki, peraih penghargaan peserta terbaik III kategori berpuisi asal Jepang, mengungkapkan bahwa minatnya untuk mempelajari bahasa Indonesia muncul karena ia melihat Indonesia sebagai negara yang sangat kaya akan suku bangsa, dan bahasa Indonesia mampu menjadi bahasa persatuan yang menyatukan semuanya. “Ke depannya, saya ingin mengajak teman-teman internasional, terutama di Jepang, untuk ikut mempelajari bahasa dan budaya Indonesia,” pungkasnya.

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

MerdekaBelajar

Related

  • Previous BALAI BAHASA PROVINSI BALI SOSIALISASIKAN UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA (UKBI) DI SMK NEGERI 2 SERIRIT
  • Next BALAI BAHASA PROVINSI BALI BERIKAN LAYANAN NARASUMBER DALAM KEGIATAN PENDAMPINGAN DAN EVALUASI PENGGUNAAN BAHASA NEGARA DI DISDIKPORA KOTA DENPASAR

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Balai Bahasa Provinsi Bali

Informasi Kontak

  • Jalan Trengguli I No. 34 Tembau Denpasar – 80238
  • (0361) 461714
  • balaibahasa.bali@kemdikbud.go.id
  • (0361) 463656
  • +628113882041
  • 08.00 - 16.00

Berita Terkini

Mendikdasmen Paparkan Program Prioritas Pendidikan di Konsolidasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2025 May 1, 2025
Terima Rekomendasi Konsolnas, Mendikdasmen Apresiasi Dedikasi dan Masukan Peserta May 1, 2025
Inovasi dan Kebijakan Pembelajaran Dipamerkan di Konsolidasi Nasional 2025 April 29, 2025
Konsolnas Dikdasmen 2025, Wadah Pemangku Kepentingan Perkuat Komitmen Kolektif Bangun Pendidikan April 29, 2025
Pengawasan Penggunaan Bahasa Indonesia: Pemerintah Daerah Bersinergi Wujudkan Kedaulatan Bahasa Indonesia April 26, 2025

©2024 DIbuat Dengan Cinta Oleh Alvin